Jumat, 15 Juni 2012

Mengenal Jenis Wajah dan Perawatannya

Memiliki wajah yang bersih dan sehat adalah dambaan setiap wanita. Tentu saja tidak secara instan namun melalui tahapan-tahapan yang harus sabar dilakoni. Sebelumnya kita harus mengenal terlebih dahulu jenis wajah kita. Berikut tips yang akan Griya Rias Tiar bagikan.

Tipe Kulit Normal

Anda sangat beruntung memiliki wajah normal yang tidak banyak memiliki masalah. Perawatan yang dilakukan cukup mudah sebagai berikut :
  • Kulit normal tidak memiliki masalah dalam penggunaan kosmetik, sekalipun demikian jangan gonta- ganti kosmetik karena membuat kulit menjadi iritasi.
  • Untuk menjaga kelembaban, gunakanlah masker secara teratur.
  • Jangan malas melakukan cuci muka sebelum tidur dan setelah beraktifitas. 


Tipe Kulit Berminyak

Kulit berminyak tentu menjadi permasalahan bagi sebagian besar kaum wanita. Terdiri dari dua jenis yaitu kulit berminyak total dan kulit berminyak kombinasi yaitu berminyak di daerah T pada wajah yaitu sekitar hidung dan dahi.

Meskipun demikian, perawatan wajah dengan kulit berminyak hampir sama. Berikut adalah beberapa tipsnya.
  • Pilih produk kecantikan dan kosmetik yang oil free agar tidak meningkatkan kadar minyak di wajah.
  • Gunakan masker wajah yang alami, terbuat dari madu, mentimun atau bengkuang
  • Cuci muka adalah hal wajib, terutama untuk tipe kulit ini agar minyak berlebih bisa terhapus dari wajah. Tak hanya itu saja, cuci muka juga disarankan untuk membersihkan sisa make-up atau kotoran yang menyumbat pori. Bila pori tersumbat, kadar minyak berlebih dalam kulit tidak akan bisa keluar. Hal inilah yang kerap menjadi penyebab timbulnya jerawat pada orang-orang yang memiliki jenis kuit wajah berminyak.
  • Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan wajah dari dalam tubuh juga sangat penting. Hindari mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan, karena jenis makanan ini dikhawatirkan bisa meningkatkan kadar minyak lebih banyak pada wajah.

 

Tipe Kulit Kering

Jenis kulit yang satu ini tidaklah terlalu sulit untuk diatasi, namun tetap harus hati-hati dalam perawatannya. Kulit kering disebabkan karena kurangnya kelembaban wajah, jadi kunci dalam merawat wajah berkulit kering adalah dengan menjaga kelembaban kulit. Berikut cara perawatannya:

  • Bersihkan wajah dengan air segar untuk membersihkan sisa kosmetik maupun debu dan kotoran. Namun saat tiba waktunya pengeringan, jangan terlalu menggosok wajah dengan handuk apalagi dengan handuk berbahan kasar. Pilih handuk berbahan dasar lembut, lalu tepuk-tepukkan saja ke wajah dan biarkan kulit wajah tidak terlalu kering dan sedikit lembap.
  • Pelembap wajah adalah hal wajib dalam perawatan wajah berkulit kering. Gunakan pelembap wajah yang tepat sebanyak 2-3 kali sehari. Aplikasikan pelembap setidaknya 3-4 menit setelah wajah selesai dibersihkan dengan air.
  • Pilih pembersih wajah yang tidak mengandung sabun/deterjen, karena bahan deterjen bisa membuat kulit wajah menjadi semakin kering dan bisa menimbulkan iritasi.
  • Selain deterjen, hindari penggunaan pembersih wajah yang mengandung bahan scrub. Walau ukurannya sangat kecil, scrub juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah kering.
  • Jika ingin menggunakan masker wajah, pilih masker yang mampu menjaga kelembapan kulit wajah. Masker yang mengandung bahan vitamin E ataupun olive oil sangat dianjurkan untuk merawat wajah kulit kering agar tetap lembap.
  • Menjaga kelembaban kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam, yaitu dengan banyak minum air putih minimal 7 gelas setiap hari.

 

 

Tipe Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang paling sulit untuk diatasi, namun bukan berarti tidak ada solusi dalam merawat wajah bagi kulit tipe ini. Kulit jenis ini memang sensitif, baik terhadap produk kecantikanmaupun perlakuan-perlakuan yang sudah biasa dilakukan dalam perawatan wajah, misalnya cuci muka.
Kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin tidak berdampak banyak pada jenis kulit wajah lain, bisa saja malah menimbulkan akibat fatal bagi kulit sensitif, karena itu harus hati-hati dalam merawat wajah dengan tipe kulit seperti ini. 
Keluhan yang paling banyak terjadi untuk jenis kulit ini adalah iritasi berupa peradangan atau kulit wajah yang menjadi kemerah-merahan. Bagaimana cara merawatnya? Berikut tips-tipsnya.

  • Hal pertama yang harus diingat adalah jangan suka gonta-ganti produk kecantikan, baik itu pelembap, bedak, maupun pembersih wajah. Kulit sensitif akan sangat mudah rusak dibanding jenis kulit lainnya apabila Anda suka mencoba-coba kosmetik baru.
  • Hindari produk kecantikan wajah yang mengandung pewangi.
  • Jangan terlalu sering menggunakan make-up. Bahan kimia yang ada pada kosmetik tidak terlalu baik bagi kulit wajah sensitif sekalipun kosmetik itu cocok bagi kulit Anda.
  • Pastikan untuk selalu mencuci muka sehabis menggunakan make-up.
  • Merawat wajah berkulit sensitif lebih dianjurkan dengan cara alami, misalnya penggunaan masker buah-buahan (mentimun, alpukat, apel, tomat, atau wortel). Bahan alami seperti ini menurunkan resiko iritasi pada kulit wajah.
  • Bila ingin mencuci muka, dianjurkan menggunakan air segar daripada air hangat untuk menghindari iritasi.
  • Sebisa mungkin hindari kontak langsung antara wajah dan sinar matahari. Namun apabila ingin beraktivitas di luar rumah, sebaiknya gunakan topi agar wajah tidak terpapar sinar UV.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar